Fungsi SEO Dan Cara Kerja Search Engine

seo dan search engine
SEO singkatan dari Search Engine Optimization, SEO adalah Cara untuk mengoptimalkan website terhadap search engine (mesin pencari) dengan tujuan :

- Untuk merancang dan mengembangkan website dalam usaha untuk mendapatkan ranking terbaik di search engine.

- meningkatkan volume dan kualitas traffic ke website melalui search engine.

- Sebagai teknik internet marketing dengan menggunakan search engine, dan untuk mengetahui apa saja yang  sebenarnya dicari oleh visitor atau pengujung website.

SEO sangat erat hubungannya dengan pemasaran, promosi online, atau internet marketing dengan menggunakan search engine, SEO juga disebut sebagai SEO copywriting, karena sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs atau website di search engine menggunakan teks.

Jika anda berencana untuk melakukan beberapa teknik dasar SEO, maka sangat penting bagi anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja saerch engine.

Bagaimanakah Cara kerja search engine?

Search engine melakukan beberapa proses dalam menentukan hasil pencarian, yaitu :

- Crawling
Proses pengambilan halaman web, Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut dengan Bot

- Indexing
Halaman web yang diambil oleh bot akan disimpan di database raksasa dimana nanti dapat diambil, Pada dasarnya, proses index adalah untuk mengidentifikasi kata-kata  yang paling menggambarkan isi halaman yang kemudian akan dijadikan sebagai kata kunci tertentu.

- Processing
Ketika seseorang mengetikan suatu keyword atau kata kunci dalam serach engine maka search engine akan memprosesnya dengan cara mengambil data dari halaman web yang sudah di index sebelumnya yang tersimpan dalam database.

- Calculating Relevancy
Sangat memungkinkan bahwa akan terdapat lebih dari satu halaman website yang memiliki kata kunci yang sama, oleh karenanya search engine akan mulai melakukan identifikasi setiap halaman web yang memiliki relevansi untuk mentukan hasil pencarian.

- Retrieving Results
Langkah terakhir dari proses search engine adalah mengambil ke cocokan terbaik dari proses perhitungan relevansi.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! sering memperbaharui algoritma relevansi, oleh karena itu bila kamu melihat perubahan peringkat, itu bisa jadi karena perubahan algoritma.

Meskipun prinsip dasar proses semua search engine adalah sama namun perubahan kecil algoritma relevansi dapat menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »